Surat Pembaca : Dari Pegawai Menjadi Pengusaha ??

Assalamu’alaykum wr. wb

Perkenalkan, saya nur..terus terang saya merasa tercerahkan setelah membaca tulisan anda di blog tentang kenapa berbisnis dengan berbagai turunan alasannya. Hmm…saya jadi resah, resah ingin berwirausaha, capek jadi staf (huehehe..)  ilmu beginian sudah saya dapetin sejak tingkat 2 dulu tapi mengendap begitu ajah.

begini, dulu saya pernah di tingkat 2 (sekarang sudah lulus alhamdulillah) kecil2an jualan kue, tapi cuma berjalan beberapa bulan itupun jalannya menjelang lebaran ajah, ya untungnya puluhan ribu ajah..selang beberapa waktu saya kembali disibukkan dengan aktivitas kuliah, organisasi, dll.

Saya ingin memulai bisnis  tapi bagaimana?
sekarang saya punya modal sekitar 3 jutaan dan (akan memiliki) sebuah motor, dengan kondisi saya bekerja full time, kira2 bisnis apa yang cocok? saya sempat terfikir untuk ikutan franchise (bener gak yah tulisannya..), modal yang dibutuhin kira2 berapa ya untuk franchise? saya juga punya ide untuk mendirikan tk/playgroup sama teman kuliah, gimana saran anda?

Oh ya, sekarang saya bekerja di lingkungan kampus,, kira2 bisnis apa yang cocok? jadi bingung nigh.. terima kasih sebelumnya…

Wassalamu’alaykum wr.wb

Assalamualaikum Nur saya sangat senang anda sudah mau berpikir untuk menjadi seorang pengusaha…  Sekarang  langkah berikutnya adalah untuk bergerak. Dengan pergerakan yang realistis dengan dana dan kondisi anda…

Fakta yang kamu kumpulkan adalah :

Modal : 3 juta

Lokasi Kerja : Lingkungan Kampus

Latar Ilmu bisnis : Pernah berusaha sebelumnya

Oke dengan fakta ini saya menyarankan saudara untuk tidak memasuki bidang franchise, kenapa ? Karena rata-rata franchise membutuhkan modal minimal Rp 30 juta tetapi juga tidak begitu menjamin adanya keuntungan karena dari data yang pernah saya dengar franchise lokal tingkat kegagalannya sekitar 40% dan franchise asing yang walaupun tingkat kegagalannya kurang dari 10% tetapi modal minimal terlalu besar yaitu sekitar 300-500 juta

Jadi apa ya usaha yang bagus untuk saudara ??

Saya menyarankan masuki usaha laundry :

Mengapa ??

1. Cocok dengan modal anda karena modal yang diperlukan sedikit cuma biaya awal tempat, biaya awal untuk gaji pegawai, motor untuk mengantarkan cucian, dan peralatan dan perlengkapan mencuci.

2. Mahasiswa rata-rata mencuci pakaian mereka di laundry, apalagi yang menengah ke atas.

Strategi Marketing ??

1. Datangin mahasiswa di tempat kos2annya satu-satu, lalu tawarkan paket mencuci atau harga misalkan cuci 1 bulan 60.000 dsbnya…

2. Cari tempat untuk pengambilan laundry yang strategis…

Oke gitu aja, kalo ada yang mau konsultasi dengan saya silakan hubungi email : salmanazis@yahoo.com

By : Salman Azis Alsyafdi

Tinggalkan Balasan

