Training menjadi Pengusaha (Part 5: Pengalaman bisnisku 1)

V. Pengalaman bisnisku

 

Kalau menjelaskan mengenai konsep-konsep bisnis sepertinya akan sangat tidak bermakna kalau diri kita tidak pernah mengelutinya sebelumnya. Maka akan kuceritakan pengalamanku bergelut dengan bisnis

 

1. Sebuah Pemicu

Saya memulai bisnis pertama saya setelah membaca sebuah buku yang bernama Rich Dad Poor Dad, sebuah buku yang membuka cakrawala pikiran saya akan sebuah pilihan yang sangat menarik.

 

2. Bisnis Pertamaku

Bisnis pertama saya adalah berjualan Nasi Goreng di Asrama SMU Insan Cendekia Depok pada tahun ke-3 saya. Hal ini saya lakukan karena melihat peluang Nasi Goreng di SMU IC tersebut karena di SMU IC makanan yang kita makan sangat membosankan dan kurang mengundang selera.

Usaha ini dilakukan tanpa modal sepeser pun karena saya hanya membeli nasi goreng dari tukang nasi goreng di pinggir jalan dekat smu dan menjualnya kembali kepada siswa dengan harga yang lebih tinggi.

Dikarenakan ilmu bisnis yang pas2an dan disiplin yang belum begitu kuat bisnis pertama ini hanya membawa keuntungan sebesar Rp 1500 dimana uang itu juga dibagi lagi kepada 3 orang sehingga masing2 orang hanya mendapatkan keuntungan Rp 500.

 

3. Aku ingin baca buku

 

Setelah lulus dari SMU saya melanjutkan ke Fakultas Ilmu Komputer di Universitas Indonesia. Pada saat itu yang saya pikirkan adalah apa lagi peluang bisnis yang bisa saya tangkap dan ilmu apa lagi yang bisa saya peroleh.

Dikarenakan keuangan keluarga yang tidak begitu kaya saya tidak bisa membeli buku2 bisnis seperti yang saya harapkan, padahal ada begitu banyak buku2 bagus yang dapat memperkaya diri saya. Beruntung ada Toko Buku Gramedia yang dekat dengan kampus saya. Biasanya waktu itu saya menyempatkan paling sedikit 2 kali ke Toko Gramedia untuk “membaca” buku-buku bisnis di Gramedia. Ingat saya “membaca” tidak membeli..

 

4. Bisnis Pertamaku di Universitas Indonesia

 

Lalu melihat peluang bisnis fotokopi buku di Fakultas saya memulai bisnis fotokopi ini pada tahun pertama kuliah saya. Peluangnya adalah bahwa harga fotokopian yang dapat diterima oleh mahasiswa adalah Rp 60 sedangkan setelah berpetualang mencari fotokopian yang murah saya akhirnya mendapatkan tempat fotokopian yang menawarkan harga fotokopi Rp 45, dan alhamdulillah saya berhasil mencari pelanggan yang cukup banyak sekitar 100.000 lebih lembar buku.

 

Uang itu saya simpan sebagai modal tambahan.

 

5. Bergelut dengan orang-orang cina

 

Bisnis yang selanjutnya saya geluti adalah bisnis jual beli komputer, hal ini dikarenakan melihat peluang dimana mahasiswa UI sering membeli komputer ke Glodok yang secara Geografis sangat jauh dari Depok, hal ini memberi peluang bagi tumbuhnya bisnis saya ini karena saya menawarkan komputer yang lebih mudah di jangkau dan di servis serta harga yang murah menyamai harga di Glodok (Daerah kekuasaan Cina). Dengan promosi yang cukup besar saya alhamdulillah bisa mendapatkan penghasilan yang cukup dari usaha saya ini.

Ditulis dalam Ilmu bisnis. 5 Comments »

5 Tanggapan to “Training menjadi Pengusaha (Part 5: Pengalaman bisnisku 1)”

  1. awis al' qarny Says:

    pak saya minta tips jadi pengusaha.?

    give me advice please.

    saya pelajar sma 3 batam……….?
    saya bingung setelah saya tamat sma saya gx tau mau kuliah ambil jurusan apa.?
    saya berasal dari keluarga miskin….?
    jadi harapan saya tipis.? saya mohon kasis masukan pak please…… this my phone numb 085668502054

  2. awis al' qarny Says:

    assalam mualaikum…..pak beri masukan ya pak… saya bingung harus nanya sama siapun./
    saya gx pya temen di atas saya.?

    saya minder kalau main sama anak orang kaya dan naya sesuatu sama merek buat massa depan saya.?
    saya orang tidak puya pak.?
    hidup saya penuh dengan pemikiran ya mateng2? kapa2 saya ceritaiin ke bapak thank’s

  3. kasmat_satrio Says:

    pak saya mbok diajarin cara meliat peluang usaha dan bagaimana cara memulai usaha nya.

  4. yoga Says:

    menaggapi bisnis pertama di Universitas Indonesia . Boleh tau dimana tempat foto kopi yg termurah itu? lumayan untuk penghasilan tambahan saya.. kebetulan saya jg kuliah di ui dan senang berwirausaha… terima kasih sblumnya atas sharingnnya 085692015683 atau yoga_1305@yahoo.com

  5. taufik Says:

    asw pak,
    saya mahasiswa unand smester 3, sudah mencoba dalam berbisnis
    bisnis y jaket, pin dan makanan. alhamdulillah hasil nya membantu saya.
    yang ingin saya tanyakan
    bagiamana kita menjalin kerja sama dengan para pengusha dengan baik, agar kita dapat menjualkan barang y
    bagaimana untuk menjadi orang terpengaruh dalam lingkungan kita agar kita dapat menguasi pasar ?
    trima kasih


Tinggalkan Balasan

