Training Bisnis Menjadi Pengusaha (Part 4: Langkah Praktis melewati tangga bisnis)

IV. Langkah Praktis melewati tangga bisnis

1. Mengumpulkan semangat yang dapat terus menerus diperbaharui

Mempunyai semangat adalah faktor yang pertama dan paling dibutuhkan dalam bisnis, tanpa semangat yang kuat hanya kegagalan yang menanti diujung dunia.

 

Masalahnya semangat itu sangat mudah ditimbulkan tetapi sangat mudah padam, terus bagaimana cara agar semangat itu bisa timbul dan terus menerus muncul.

Jawabannya adalah buku yang bisa meluapkan semangat (contohnya Alquran dan Buku Berpikir dan berjiwa besar)

Miliki buku-buku pemberi semangat dan jadikan mereka hal yang bisa membangkitkan semangatmu . Terutama di masa-masa kelammu, huahahha

Bagaimana jika kita gak punya duit untuk membeli buku, ya cari aja toko buku lalu baca aja di tempat kan ga bayar tuh kalo baca buku di tempat. Jangan malu, mau maju jangan malu.

2. Cari ilmu mengenai orang-orang yang berbisnis.

Sangat diperlukan ilmu mengenai apa yang akan kita hadapi di masa depan. Jika seorang manusia pernah terjatuh disebuah lobang, sebaiknya kita mencari dimana lubang itu ada agar kita tidak terjatuh ditempat yang sama.

3. Bergeraklah berbisnislah…

Teori bisa kita cari, hipotesis bisa kita dapatkan tetapi apakah semua jalan bisnis telah terpetakan ??

Faktanya ilmu yang kita dapatkan secara teori tidak 100% masuk ke kepala kita dan tidak semua ilmu yang kita perlukan untuk menciptakan bisinsn yang sukses ada di buku bisnis.

Jika kita takut untuk memulai maka kita tidak akan pernah memulai.

4. Carilah ilmu manajemen dan ilmu bisnis

Dikarenakan persaingan bisnis yang semakin kuat, mereka yang lebih berilmu dan lebih efektif dalam menjalankan bisnisnya akan keluar sebagai pemenang.

Misalkan kita jualan bakso, jika kita mempunyai ilmu untuk membuat bakso yang lebih enak dengan bahan yang lebih murah maka kita mempunyai kesempatan untuk bisa memberi pelanggan kesempatan mendapatkan bakso yang murah dan enak yang pada akhirnya akan banyak pelanggan yang memilih bakso kita.

Setelah kita mendapatkan ilmu dalam rangka meningkatkan kualitas produk kita, kita juga mencari ilmu untuk manajemen perusahaan, mengenai strategi2 untuk mengembangkan perusahaan misalkan membuka cabang, mencari investor dsbnya.

5. Berhati-hatilah terhadap pengkhianatan

Alangkah indahnya jika semua orang dalam kebenaran dan semua setan di belenggu.

Tetapi dunia adalah dunia dan manusia adalah manusia dengan kelupaan mereka.

Betapa baiknya orang tampak di luar tidak ada salahnya kita berjaga-jaga akan kondisi yang bisa menyebabkan pengkhianatan.

Diperlukan cara untuk menanggulangi agar pengkhianatan tidak terjadi.

Misalkan kita Jualan Pulsa dan yang menjaga tempat usaha kita itu adalah pegawai kita, maka kita perlu merancang sebuah sistem agar pulsa tidak dengan serta merta dapat dilarikan oleh pegawai kita itu sepercaya apapun kita padanya.

Mengapa hal ini diperlukan, alasan pertama adalah bahwa orang itu bisa berubah dan bisa menemui suatu kondisi yang bisa menyebabkan dia mengkhianati kita. Yang kedua jikalau kita ingin mengembangkan usaha kita lebih besar, kita akan sangat sulit untuk mengetahui apakah semua orang yang kita rekrut adalah yang dalam kebenaran.

6. Cari tujuan yang lebih tinggi, tidak hanya untuk kepentingan perutmu saja.

Tujuan itu menentukan seberapa besar semangat kita dan seberapa mulia kita menjalankan usaha itu. Jika tujuan kita hanya untuk kepentingan pribadi maka semangat kita hanya untuk mencapai kepuasaan pribadi.

Akibatnya setelah kepuasan pribadi tercapai maka semangat kita akan kendur misalkan kita berbisnis agar punya rumah besar dan punya mobil dua, maka setelah kita mencapai hal tersebut semangat kita tidak akan sebesar semangat kita pada awal.

Selain itu jika tujuan kita hanya untuk kepentingan pribadi maka cara-cara yang tidak halal pada akhirnya akan kita tempuh.

Pada dasarnya kita manusia berada dalam kebaikan pada awalnya dan berada dalam kondisi ingin memperbaiki bangsa tetapi terkadang dalam kondisi yang tergiur hal-hal yang tidak halal menjadi kebenaran yang semakin lama semakin kita cari pembenarannya sehingga hati yang putih jadi hitam.

4 Tanggapan to “Training Bisnis Menjadi Pengusaha (Part 4: Langkah Praktis melewati tangga bisnis)”

  1. chica Says:

    assalammualaikum,wr,wb

    Saya ingin jadi pengusaha sukses untuk sebuah tujuan yang ideologis….tapi saya belum tahu harus mulai darimana??Sejauh ini saya baru membaca buku-buku Robert .T kiyosaki tentang investasi.

  2. crypt Says:

    thx ya ilmunya, doain ane bisa usaha juga n sukses

  3. aden Says:

    dear all,

    saya sekarang sedang mencari lembaga atau apapun yang bisa memberikan training tentang usaha kecil semacam retail. jika ada yang punya info saya akan sangat berterimakasih kalau anda mau berbagi. please kabari saya di widjojodharmo@yahoo.com. thanks. aden

  4. enday Says:

    Ass.Wr.Wb.
    sangat menginspirasi, tapi bagaimana menyatukan visi dari beberapa orang dengan latar belakang pekerjaanyang berbeda yang akan memilih /membangun bidang usaha baru agar tidak terjadi ego/kepentingan pribadi dan tahapannya agar menjadi suatu usaha yang berkesinambungan,atau peluang bisnis apa yang cocok dan dapat diterima semua pihak? mohon pencerahannya . Wass


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: