Training Bisnis menjadi Pengusaha (Part 3: Memulai)

III. Memulai bisnis berdasarkan kemampuan

Pengalaman Anak Tangga

Memulai bisnis itu ibaratnya sekolah, manusia itu tidak langsung saja bisa memasuki bangku kuliah tanpa melalui perjuangan di SD, SMP dan SMA

 

Begitu juga dengan bisnis, sesuatu itu harus dimulai dari hal yang kecil lalu kita kembangkan sehingga menjadi besar. Agar ketika kita jatuh rasa sakitnya akan bisa kita tolerir pelan2, jika belum apa2 kita udah investasi 1 milliar terus gagal, bisa-bisa besoknya kita udah punya hobi baru, hobi ketawa2 sendiri.

Pengalaman Keunikan dan Menyukai

Manusia itu sangat banyak di dunia dengan berbagai kemampuan mereka yang tidak bisa kita remehkan, kemampuan yang mereka dapatkan tidak di dapatkan begitu saja tetapi melalui ilmu dan pengalaman yang mereka punyai, dimana ilmu tersebut membuat mereka lebih unik di bidang mereka sendiri.

Bagaimana kita bisa bersaing di dunia jika ilmu bisnis kita hanya ilmu bisnis rata2.

Kita harus memulai dengan modal keunikan yang kita miliki, hal yang membuat kita berbeda, misalkan jika kita mempunyai ilmu di bidang biologi, maka kita cari bisnis yang terkait akan hal itu, atau jika bapak ibu kita punya restoran padang kita bantu untuk mengembangkan.

Menyukai apa yang kita kerjakan juga salah satu syarat bagi keberhasilan bisnis kita, mana mungkin bisnis kita bisa berkembang jika kita setengah2 mengembangkannya.

Tapi jangan sampai terjebak akan teori ini juga, tidak semua hal yang kita sukai bisa dijadikan bisnis yang sukses.

Misalkan kita sangat menyukai makanan padang, lalu kita dengan serta merta membuka Warung Padang di rumah kita yang jauh dari jalan raya hanya dengan semangat yang luar biasa besar. Maka sesuai hukum salman, semangat X ilmu = sukses, kalo semangat 100 X ilmu 0 = 0

Ingat menyukai apa yang kita kerjakan itu adalah faktor yang sangat penting dalam keberhasilan bisnis tapi bukan satu2nya faktor.

To Be Continued (Next Part 3 : Langkah Praktis menuju tangga bisnis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: